Paska,hari Kemenangan kita !


Hari ini kita merayakan hari Paska,dimana hari ini kita merayakan Yesus Kristus yang bagkit dari antara orang mati.Kebangkitan Kristus adalah Fondasi bagi iman Kristen dimana melalui peristiwa Kebangkitan Kristus menjadikan kita hidup dalam pengharapan dan hal ini juga menjadi pusat dari segala yang kita imani.Rasul Paulus merangkum semua berita yang dia sebut sebagai Injil dalam kalimar ini : Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita,sesuai dengan Kitab Suci,  bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan,pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci; bahwa Ia telah menampakkan diri kepada Kefas dan kemudian kepada kedua belas murid-Nya. (1 Korintus 15 : 3-5 ). 

Dari hari raya natal,jumat agung,paska,kenaikan Yesus,dan juga pentakosta,kira-kira hari raya apa yang sangat penting ? Memang semua hari raya itu penting tapi puncak Karya penyelamatan Allah bukan sampai jumat agung dimana Yesus mati untuk menebus dosa umat manusia,tapi sejatinya puncak karya penyelamatan Allah terletak di PASKA,mengapa ? Karena Yesus tak akan berarti jika hanya lahir,dan tak mau disalib,tetapi karena Ia taat pada Bapa Ia akhirnya mau untuk menanggung dosa kita diatas Kayu salib,tapi Yesus juga tak akan berarti jika Ia hanya mati tapi tak bangkit,karena menurut kitab Taurat Mesias juga tak hanya mati menebus tapi Ia juga dibangkitkan dari antara orang mati.Tetapi kebangkitan Yesus itu menggenapi semua apa yang tertulis di Kitab suci tentang MESIAS yang akan membebaskan umatNYA.Meskipun Paska seringkali dirayakan tidak semeriah Hari Natal,padahal seharusnya PASKA lah yang lebih meriah dirayakan ,kembali kepada pembahasan kita tadi,inti Kekristenan terletak pada Paska.Hakikat menjadi orang Kristen atau murid Kristus adalah kita meninggalkan hidup lama kita yang dikuasai oleh dosa,menerima anugerah pengampunan oleh karena penebusan dari Kristus Yesus,dan berjalan dalam hidup yang baru bersama dengan Yesus yang telah mengalahkan kuasa dosa dan maut.Menjadi orang Kristen adalah menjadi ciptaan baru,menjadi pemenang atas kuasa dosa.

Kebangkitan Yesus telah mengubah kehidupan murid-murid Yesus yang pertama ( rasul-rasul ).Dulunya mereka adalah para penakut yang bersembunyi sejak Yesus ditangkap dan disalibkan,bahkan ada juga yang menyangkal Yesus.Tetapi setelah mereka berjumpa Yesus yang telah bangkit dari antara orang mati,mereka mengalami perjumpaan dan juga perubahan yang sangat drastis,mereka menjadi saksi Kristus yang berani.Bahkan mereka bersedia memberikan seluruh hidup mereka untuk menyampaikan kabar baik tentang Kematian dan kebangkitan Tuhan,dan juga kabar akan keselamatan yang datangnya dari Yesus.

Permasalahanya sekarang apakah kita sudah mengalami kuasa kebangkitan Kristus itu ? Apakah kuasa kebangkitan itu masih bekerja dalam hidup kita ? Jika kita percaya dan hidup di dalam Kristus maka kuasa KebangkitanNYA melalui PASKA itu akan mengubah hidup kita secara total dan terus menerus memperbarui kehidupan kita.Hal itu sudah dialami oleh jutaan manusia di seluruh bumi ini,dari zaman ke zaman.Dan sampai hari ini pun kuasaNYA masih tetap sama.Yesus yang sudah bangkit itu tetap hidup sampai hari ini,mugkin kita tak bisa bersentuhan langsung dengan tubuh jasmani Yesus tetapi hendaklah kita selalu percaya akan DIA karna Yesus berkata : "Berbahagialah yang tidak melihat namun percaya " .Dan jika kita sudah percaya akan keselamatan itu,Siapkan hidup kita untuk DIA dan DIA siap mengubah dan memperbarui setiap orang yang menyerahkan hidup kepadaNYA. Mari kita rayakan kebangkitan Tuhan kita ! maut dimana jayamu ? kubur mana kuasamu ? KRISTUS ku bangkit dan hidup untuk selamanya ! Soli Deo Gloria ! 

Renungan ini ditulis sebagai pesan paska gembala Pdt.Goenawan Susanto ( Minggu 16 April 2017 )
dengan sedikit ada penambahan beberapa kalimat oleh NR89 ! Kiranya memberkati !

MARI PUJI TUHAN !


NKB 087 – Junjungan yang ‘Ku Pilih

Syair dan lagu: He Lives; A. H. Ackley
Terjemahan: E. L. Pohan
  1. Junjungan yang ‘ku pilih: Yesusku Penebus.
    Yang bangkit dari mati, berkuasa seterus.
    Kendati banyak orang mengejek, mencela,
    ‘ku ikut suaraNya, lembut mesra.
  2. Refrein:
    Benar, benarlah hidup Yesusku.
    Bersamaku di jalanku, suaraNya ‘ku dengar.
    Benar, benarlah hidup Yesusku.
    Dimana Dia ‘ku dengar? Di dalam hatiku! 
  3. Di mana, kapan saja KasihNya pun jelas.
    Di saat ‘ku gelisah dihibur ‘ku lekas.
    Di hujan, angin ribut, dipimpin langkahku,
    ‘ku yakin, kami nanti ‘kan bertemu.
  4. Menyanyilah umatNya, memuji Tuhanmu!
    Nyanyikanlah: Haleluya, agungkan Rajamu.
    Harapan bagi orang yang mau mencariNya,
    sebab Yesusmu hidup selamanya.
Filed Under: Nyanyikanlah Kidung Baru (NKB)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pancasila ? Alkitabiah kah ?

God Is On The Move !

Kamis putih melayani,sakramentum,hidup taat !